Rabu, 18 April 2012

Pasona O2: Urban Underground Farm

pasona_farm_4.jpg




Bila Indonesia konsen pada ketahanan dan keamana pangan, Indonesia seharusnya tidak boleh kalah dengan negara - negara maju berikut. Seharusnya Indonesia harus lebih Bersyukur, dengan berlimpahnya lahan, matahari, dan sumber daya alam. Namu banyak teknologi yang bisa kita pelajari dari teknologi berikut.


pasona_farm_1.jpg

Luas lahan 10.000 SF (1.000 meter persegi), lahan ini berada di bawah pusat bisnis Jepang. Fasilitas ini disebut Pasona 02 dibangun dalam bekas lemari besi bank dibawah gedung kantor Tokyo di jantung distrik bisnis Jepang. Perkebunan ini dipecah menjadi 6 ruangan yang berbeda masing-masing dengan suhu yang dikendalikan komputer dan pencahayaan.


Fasilitas ini berkembang mulai dari tomat, selada, stroberi untuk bunga dan herbal. Sekitar 100 jenis menghasilkan semuanya. Ada juga sawah digunakan untuk menanam padi.
pasona_farm_6_building.jpg

Dengan tidak adanya sinar matahari, tanaman ditopang oleh cahaya buatan dari dioda pemancar cahaya, lampu halida logam, dan lampu sodium bertekananuap tinggi . Suhu ruangan dikontrol oleh komputer, dan sayuran yang tumbuh dengan metode bebas pestisida di mana pupuk dan karbon dioksida yang diberikan dengan penyemprotan. Hidroponik, di mana tanaman yang tumbuh di air dan hampir tidak ada tanah yang digunakan, adalah salah satu metode budidaya yang digunakan dalam fasilitas ini.


Pertanian adalah sebuah inisiatif dari perusahaan Grup Pesona yang juga menjalankan pertanian tradisional antara banyak hal lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesempatan kerja di sektor pertanian. Sekitar 100 calon petani, termasuk orang-orang muda dan setengah baya pengusaha, telah mengambil suatu program pelatihan pertanian di Ogata. Pelatihan yang melibatkan seluruh kemungkinan untuk menerima inisiasi dalam keterampilan farmings hingga Agri-MBA dalam proyek yang sama.
pasona_farm_2.jpg


pasona_farm_3.jpg











pasona_farm_8.jpg




pasona_farm_7.jpg











pasona_farm_9.jpg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar