Kamis, 26 Januari 2012

Ruang Kerja yang Luas Tingkatkan Kreativitas Karyawan

SETIAP perusahaan tentunya menginginkan karyawannya berpikir luas alias outside the box agar menghasilkan kreativitas demi kemajuan produktivitasnya dan kinerjanya. Tapi perusahaan juga harus fokus pada lingkungan kantor yang juga berpengaruh pada kemampuan pikiran para karyawannya.
Ruang Kerja

Bagaimana bisa berpikir lebih luas, bila ruang kerjanya sempit. Ruangan yang tak terlalu luas ternyata bisa melumpuhkan kreativitas dan inspirasi para pekerja. Sebaliknya, ruangan yang lebih luas dan terbuka mampu merangsang kinerja otak. Dengan kata lain, kemampuan pekerja berpikir ourside the box lebih jauh meningkat.

Ilmuwan di China dan Amerika Serikat melakukan percobaan pada relawan untuk duduk di dalam kardus berukuran lima kaki kali lima kaki. Dan relawan lainnya berada di luar kardus. Masing-masing lingkungan mereka identik dan relawan di dalam kotak diatur sedemikian rupa agar tidak merasa sesak.



Setelah melakukan tes, ilmuwan menemukan relawan di luar kotak konsisten lebih kreatif dalam berpikir. Sukarelawan tersebut diminta untuk mengukur kreativitas dengan menempatkan kembali bersama-sama dua bagian dari tatakan gelas yang dipotong kemudian dirancang untuk direpresentasikan secara fisik.

"Kreativitas adalah ketrampilan yang sangat dicari. Metafora pemikiran kreatif berlimpah dalam aktivitas sehari-hari. Percobaan kami menunjukkan untuk pertama kalinya beberapa metafora bekerja mengaktifkan proses psikologis yang kondusif untuk menghasilkan ide-ide kreatif. Jadi menciptakan ruang kantor yang terbuka bisa membebaskan pikiran kita," kata Dr Angela Leung dari Singapore Management University seperti dikutip Dailymail.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar